Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

SMA Wilayah Bina-3 Kabupaten Lebak melaksanakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan digunakan pada tahun ajaran baru.

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kemarin, 30 Mei 2022 SMAN 1 Malingping, SMAN 2 Malingping dan SMAN 1 Wanasalam melakasanakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka yang bertempat di SMAN 1 Malingping. Workshop tersebut berlangsung dari pukul 08.00 – 14.30 WIB.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru pada dunia pendidikan, menurut BSNP kurikulum ini mengacu pada pendekatan bakat dan minat dimana siswa dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum ini adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan di SMAN 1 Malingping bertujuan mempersiapkan para guru untuk menghadapi kurikulum merdeka, dimana kurikulum ini akan dijadikan kurikulum nasional pada tahun 2024 mendatang. Pada pelaksanaanya workshop di SMAN 1 Malingping menghadirkan narasumber dari bidang pendidikan yaitu Drs. H. Budi Ahmad Mashur selaku Pengawas SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

Pada sosialisasi ini beliau menjelaskan lebih lanjut mengenai kurikulum merdeka, serta memberikan gambaran bagaimana kurikulum merdeka ini diterapkan serta instrument-instrument pembelajaran yang harus disiapkan untuk menyongsong kurikulum merdeka.

Pada sesi berikutnya beliau memberikan tugas dengan mengelompokkan masing-masing guru mata pelajaran dari ketiga sekolah yang ada dan memberikan waktu untuk berdiskusi mengenai bahan ajar, metode dan rencana pembelajaran. Setelah berdiskusi, para peserta diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok.

Workshop ditutup dengan sesi Tanya jawab oleh para guru tentang kurikulum merdeka. Pada akhir sesi Bapak Drs. H. Budi Ahmad Mashur memberikan refleksi tentang pelaksanaan workshop yaitu berisi tentang sejauh mana pemahaman tentang kurikulum merdeka.

Berlangganan Artikel

Dapatkan pemberitahuan artikel terbaru langsung ke kotak masuk Email.

Artikel lainnya